The Social Dilemma

Posted on

The Social Dilemma | Netflix Official Site

Dokumentasi ini bisa ditonton di Netflix mulai Oktober 2020. Dokumentasi ini membahas tentang “Kecerdasan Buatan (AI – Artificial Intelligent)” yang digunakan media sosial sekarang untuk memprediksi, mempelajari tingkah laku penggunanya dan membuat kesimpulan dari cara pengguna tersebut ngelike sebuah artikel, video atau acara dan juga lama penggunaan sebuah medsos.

Menurut CNBN Indonesia “Secara singkatnya, Kecerdasan Buatan mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya. Istilah ini juga dapat diterapkan pada mesin apa pun yang menunjukkan sifat-sifat yang terkait dengan pikiran manusia. Di mana prosesnya termasuk dengan pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan kesimpulan yang pasti) dan koreksi diri, dilansir dari search enterprise AI dan Investopedia, seperti dikutip Senin (13/5/2019)”.

Dokumentasi didukung oleh beberapa pembuat, pengelola dan pelaksana medsos terkenal yang sudah meninggalkan bidang mereka sekarang karena mereka khawatir dengan perkembangan Kecerdasan buatan yang merusak dan memperadidaya penggunanya. Banyak dari mereka sekarang bergabung untuk membuat peraturan untuk mengatur kebebasan medsos terkenal dan terbesar untuk menggunakan data privasi penggunanya.

Intinya, dokumentasi ini memperbenarkan kalau medsos sekarang mengamat penggunanya, tetapi hampir semua alat elektronika yang berhubungan dengan internet mempunyai kemampuan untuk mengamati tidak hanya sosial media, kalau kamu memiliki semua alat Google, memiliki bell rumah Ring, mempunyai tablet dan lain-lainnya. Di semua alat ini memakai Kecerdasan buatan yang terus berkembang untuk menguntungkan sebuah pihak. Kamu pasti mengira kita pihak yang diuntungkan bukan?

SALAH!!! mungkin saat kamu kira YouTube memberikan saran untuk video yang harus kamu tontonin, atau Facebook menawarkan video atau lagi atau acara yang sesuai minatmu, yang mereka untungkan adalah pihak periklanan mereka. Loh, apa untungnya mereka dapatin kamunya? yang mereka perlu adalah data pribadimu! Kalau sebuah Kecerdasan buatan sudah mengerti apa yang kamu sukai dan tidak sukai, mereka bisa mencarikan sebuah iklan yang kemungkinan kamu merasa tertarik dan akhirnya, untungnya ya pasti di mereka bukan? kamu adalah sebuah produk yang mereka inginkan dari sosial media, sehingga mereka membayar mahal, Google, Facebook, Wikipedia untuk mendapatkan info dirimu, iya, kamu binatang percobaan yang diingkan dan semua kegiatan kamu di sosial media merupakan proses jual beli yang diinginkan mereka.

Ya, sih! kalau AI bisa prediksi kesukaan kamu, kalau dia menawarkan baju dan sepatu yang kamu inginkan kenapa enggak, save time ngesearch di internet bukan. Tetapi bagaimana kalau data itu dipermainkan mereka dengan berita hoax yang tidak benar? Sekarang ini, saya sering memikirkan dunia dan manusianya, mengapa sejak kejadian covid ini begitu banyak orang yang merasa ini hoax dan tidak benar? apalagi di negara seperti Amerika? negara adidaya, banyak penduduk Amrik mendapatkan pendidikan, setidaknya hampir semuanya bisa membaca dan menulis. Mengapat begitu banyak orang yang sudah berpendidikan tinggi merasa Trump seorang presiden yang bisa dipilih ulang? apakah mereka tidak melihat kesalahannya? mengapa semua orang menutupin kesalahannya? Bagiamana kalau secara diam-diam AI mengirimkan mereka berita hoax tentang Biden? bagiamana kalau AI mengirimkan mereka kesuksesan Trump dan berita palsunya covid yang beredar di dunia? Itulah mengapat kadang saya merasa heran dengan kebegoan manusia, kita tidak berpikir kritikal.

Itu mengapa pendidikan sangat penting, kenapa anak-anak tidak harus belajar menghafal doank, tetapi berilah mereka ilmu untuk membedakan yang baik dan benar. Kasih mereka ketrampilan untuk mencari kebenaran dalam sebuah berita.

Dokumentasi ini membuat saya berpikir panjang, mereka menggunakan imu psikologi untuk menganalisa manusia, psikologi adalah sebuah ilmu yang penting menurut gue, karena kamu belajar tentang perkembangan otak dan perilaku manusia. Kita sedang dipelajari dan perkembangan AI yang begitu cepat dan pesat, kita takut mereka suatu hari akan menguasai kita, TELAT, mereka sudah menguasai kita. Berapa jam sehari kamu di medsos? Facebook? Tik Tok ? IG? dll.

Akhir-akhir ini Facebook sering mengirimin saya berita soal pamer kekayaan oleh seorang instagrammer di IG, atau influencers yang ikut nebeng dan artis yang ikut ribut. Jujur aja, gue ngak peduli tetapi karena sering dikirimin, jadi saya ikut tonton. Dunia kita sekarang dipenuhin oleh orang yang mau jadi kaya dan terkenal dan tidak lagi menjadi dirinya? Aksi bunuh diri dan melukai diri meningkat terutama di kalangan anak remaja, beritanya kok tidak dihebohin?

Mau mencegah? mungkin udah telat terutama kalau kamu seperti saya, sudah ketagihan medsos dan jalan ini mungkin sudah telat, tetapi salah satu saran yang saya pelajari, lihatlah sebuah masalah dari dua sisi, ikutin juga pihak yang tidak kamu sukai atau berlawanan pikiran atau pendapat denganmu, karena dengan begitu kamu bisa mendapatkan pandangan yang moga-mgoa lebih adil.

Menurut saya, dokumentasi ini mendidik, kalau saya mempunyai anak remaja, saya akan menonton dan mendiskusikan soal ini dengan mereka. Mudah-mudahan mereka bisa terima segi yang berbeda.

 

Enjoy

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *