Slap

Posted on

Slap (Thappad) adalah film India baru (Feb 2020) yang ingin saya tonton.

Amrita adalah seorang penari dan menikah dengan Vikram dan ibunya. Keluarga Amrita sangat bahagia, suaminya sukses dan ibu mertuanya juga baik dengannya. Sejak menikah Amrita tidak lagi bekerja dan menjadi ibu rumah tangga dan mengurus suami dan rumah.

Suatu hari, Vikram menerima berita bahwa dia akan diangkat lagi pangkatnya menjadi CEO di company yang akan membuka cabang di London. Vikram harus pindah ke London dan Amrita senang dengan berita ini, karena dia selalu berkeinginan untuk tinggal di luar negeri.

Mereka mengundang semua teman dan saudara untuk berpesta merayakan berita baik ini, akan tetapi, Vikram menerima sebuah panggilan dari bossnya, kalau ada perubahan soal posisinya. Mereka tidak akan mengangkatnya sebagai CEO tetapi dia akan bekerja dibawah naungan seorang bule. Vikram sangat ngamuk dan mulai bercekcokan dengan kepalanya di pesta sendiri. Melihat situasi makin memburuk dan Vikram makin ngamuk, Amrita coba menarik suaminya dan ingin membawanya pergi. Vikram yang sudah kehilangan akal sehatnya, menampar istrinya di depan semua tamu kemudian Vikram pergi.

Amrita yang ditinggal, kaget dan kebingungan, tidak ada seorang pun datang menolongnya termasuk keluarganya sendiri yang hadir. Amrita kemudian masuk ke kamarnya dan ibu mertuanya datang dan mengatakan kepadanya kalau masih ada tamu dan tidak baik dia tidak menghibur mereka. Sejak itu, Amrita berubah, semua orang mencoba untuk membujuknya untuk melupakan kejadian ini. Vikram juga tidak pernah menyebut masalah itu dan malahan bersikap kalau ini tidak pernah terjadi. Beberapa hari kemudian, Vikram mulai sadar kalau istrinya mulai berubah, dan mengajak untuk makan, di situ, dia menceritakan beban kerjanya dan tidak juga meminta maaf. Akhirnya, Amrita pulang ke rumah orang tuanya. Vikram murka dengan berita itu dan membiarkannya, menurut Vikram nanti Amrita akan menyesal dan kembali. Selanjutnya kehidupan Vikram makin buruk, dia tidak bisa menemukan barangnya, rumah mulai berantakan, makan siang yang enak juga tidak ada lagi. Dia mulai kangen dan menjemput istrinya dengan memberikan dia perhiasan mahal. Amrita kecewa, karena yang dia harapkan bukanlah perhiasaan tetapi minta maaf dari suaminya.

Amrita mengajukan perceraian dan membuat Vikram makin marah. Vikram mulai menyebutkan kalau percerain di India sangat susah dan dia akan membuat hidup Amrita menderita dan menyesali keputusannya. Amrita pergi bertemu pengacara wanita dan awalnya pengacara ini meremehkan keputusan Amrita untuk cerai karena suaminya tidak selingkuh, bukan masalah seksual dan juga kekerasan setiap hari. Akan tetapi sesudah Amrita, menceritakan kalau kekecawaannya saat suami menamparknya bukannya juga melambang dia telah meremehkan dirinya sebagai wanita dan juga kehormatan sebagai istri. Itu membuat Amrita merasa dirinya lebih rendah dan tidak sebanding suaminya padahal dia juga bekerja keras untuk keluarga mereka. Pengacara ini kemudian bersedia dan berusaha untuk membela hak Amrita.

Di sisi lain, pengacara Vikram mulai memaksa teman dan keluarganya untuk berbohong kalau kejadian itu tidak benar, Vikram tidak pernah menamparnya di pesta, dan juga Amrita adalah wanita tidak baik dan istrinya dan menantu yang tidak benar.

Walaupun begitu, Amrita tetap tidak mau harta Vikram, dia hanya ingin cerai. Waktu yang sama, Vikram diangkat juga dan akan dipindahkan ke London sebagai CEO, Amrita mengunjunginya untuk memberitahukan dia soal kehamilannya, Vikram mengira kalau Amrita berubah pikiran dan mulai menunjukkan rencananya untuk masa depan, di rencana ini, Amrita hanyalah sebuah bahan gadaian.

Amrita benar-benar kecewa dan mengatakannya dia pasti akan cerai dengan Vikram, Vikram kemudian mengubah taktiknya, dia bersedia meninggalkan semua harta dan rumah untuk Amrita asal dia mendapatkan hak anaknya.

Amrita menolak.

Kecewa dan bingung, Vikram bertemu kepalanya untuk mendiskusikan soal kesempatannya ke London, dia juga menceritakan soal pengurusan surat perpisahan dan cerai dengan Amrita. Di situ, kepalanya mengatakan kepadanya kalau emang ini kesalahan Vikram, dia tidak boleh dan pernah memukul wanita. Vikram baru sadar kesalahannya dan akhirnya mereka cerai dengan baik.

Amrita mengunjungi mantan mertuanya, dan mengucapkan terima kasih atas kebaikannya dan juga dia menceritakan kekecewaannya. Di situ, mertuanya dan ibunya sendiri baru sadar kesalahan mereka, mereka tidak pernah mengajarkan anak-anak laki-laki di keluarga mereka sendiri kalau memukul cewe itu tidak boleh diterima.

Sejak kasus itu, pengacara wanitanya meninggalkan suaminya yang memukul tiap hari, dan juga beberapa wanita lain yang mengikuti berita Amrita.

Film India sering kali menceritakan masalah sosial yang terjadi di India. India merupakan salah satu negara di mana, keberadaan wanita dianggap lebih rendah dibanding pria. Wanita sering kali merupakan korban kekerasan dan pelecehan. Film ini dibuat untuk menyadarkan kalau di India yang kasus penindasan terhadap wanita yang meningkat walaupun tingkat perceraian cuma 1%.

Saya sendiri setelah menonton review dan membaca soal film ini, sangat berminat untuk menonton versi yang full.

Semoga yang membaca juga menyukainya

 

Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *