Prisoner

Posted on

Ini sebuah film lama, tahun 2013, dimainkan oleh Hugh Jackman dan Jake Gyllenhaal. Gue tidak hobi nonton di bioskop jadi sering miss film bagus cuma karena hobi film misteri dan polisi, Netflix rekomendasi ini film. Bagus menurutku film, tidak sia-siain 150 menit deh.

Ceritanya anak Hugh dan tetangganya yang berusia dibawah sepuluh tahun diculik pada malam thanksgiving saat mereka lagi berkunjung ke rumah tetangganya, Jake merupakan polisi yang bertugas untuk menyelidiki kasus ini. Sebelum diculik, Anna (Anak Hugh) dan Joy (anak tetangganya) bermain bersama saudara mereka yang remaja diluar rumah, mereka melihat sebuah RV di depan rumah di daerah mereka. Pas dua anak itu hilang, RV itu juga menghilang. Saat mendapat laporan ini, Jake melihat RV yang sedang dicari dan menangkap anak muda, Alex, yang berada di dalam RV tersebut.

Alex memiliki kemampuan seperti anak sepuluh tahun dan setelah penyelidikan forensik, polisi tidak mendapatkan bukti kalau Anna dan Joy pernah berada di RV tersebut. Akan tetapi, Hugh tidak percaya kalau Alex tidak bersalah. Dia memohon Jake untuk tetap menahannya, masalahnya, hukum Amerika hanya bisa menahan tersangka selama 48 jam dan jika tidak ada bukti selanjutnya untuk menahannya lebih lama. Akhirnya dia dibebaskan, pas saat itu, Hugh muncul untuk menanyakan masalah tersebut ke Alex dan terjadi perselisihan, saat lagi ribut, Alex memberitahukan Hugh kalau “mereka tidak menangis sampai saat kutinggalkan”.

Walaupun demikian, pihak polisi tetap tidak mempunyai bukti kuat di kasus ini untuk mencurigai Alex dan mereka lebih curiga kalau Hugh yang berimaginasi. Hugh yang sudah tidak lagi yakin polisi akan menemukan anaknya, memutuskan untuk menyelidikinya sendiri, dia menculik si Alex dari rumah tantenya pada malam hari, waktu dia sedang mengajak anjingnya berjalan-jalan. Alex dikunci di rumah tua almarhum bapaknya Hugh. Di situ, Hugh menyiksa Alex untuk mendapatknya info dua anak tersebut. Dia membangun sebuah ruangan di mana Alex bisa disiksa dengan air panas mendidih atau air es beku. Dia juga menggunakan kekerasan dalam mendapatkan informasi tentang anak-anak itu.

Terakhir, terbukti ternyata Alex emang pernah bertemu dua anak tersebut, dia hanya ingin mengajak mereka bermain, tetapi tantenyalah orang yang sebenarnya memutuskan untuk mencuri dua anak tersebut. Saat Joy ditemukan, Joy pernah menyebut kalau Hugh juga berada di sana saat mereka menempelkan lem esolasi ke mulut mereka. Di situlah, Hugh sadar, kalau mereka berada di rumah Alex dan tantenya. Dia coba menemui tante Alex lagi untuk mencari Anna, dia jatuh di perangkap tantenya dan dikurung di ruang bawah tanah yang kemudian dijadikan tempat parkir mobil.

Saat Jake menemukan Alex yang sudah disiksa oleh Hugh, dia datang menemui tantenya untuk memberitahu berita ini, di situ dia menemukan tantenya yang lagi menyuntikan Anna dengan suntikan mati. Anna kemudian selamat, mereka juga membuktikan bahwa selama ini, tantenya lah yang mencuri anak-anak bersama almarhumah suaminya. Mereka sudah membunuh sebanyak enam belas orang anak dan Alex merupakan salah satu anak yang selamat dari kasus penculikan dua puluh enam tahun lalu.

Bagaimana dengan nasib Hugh di bawah ruang bawah tanah? tontonlah sendiri

Dari film ini, saya hanya merasa, menurut hukum Amerika, Hugh kemungkinan besar akan dipenjara karena telah menyiksa Alex. Tetapi saya merasa apakah benar juga karena dia sebenarnya hanya ingin mencari anaknya? bagaimana menurut kalian, orang tua yang normal, bagaimana pun akan merasa sangat sedih dan marah saat anak mereka hilang apalagi diculik. Mereka tentu akan takut kalau anaknya akan disiksa dan dibunuh, kalau kalian Hugh, apakah kalian akan melakukan hal yang sama? dan benarkah dia salah?

Tanpa dia menelusuri kasus ini, mungkin tante Alex akan bebas, Alex mungkin tidak bisa menemukan orang tua sendiri lagi, tetapi di sisi lain, Alex adalah anak yang berbeda kemampuan otaknya. Dia tidak bisa menjelaskan seperti kita apa yang terjadi, dia mungkin tidak mengerti apa yang terjadi dengan dirinya dan orang lain.

Sering kali, kita dengan cepat menghakimi kasus yang terjadi di sekitar kita, banyak sih yang mudah diputuskan begitu saja, cuma kalau kasusnya seperti ini, apa yang harus kita lakukan? saya merasa sih, kalau ini terjadi padaku, kemungkinan besar sih, gue mungkin akan berubah menjadi Hugh, gue pernah kehilangan kucing putih kecil yang dititipkan teman kerja, gue pernah menyetir daerah sekitarku setiap hari mencari kucing tersebut, aku menangis tidak hanya karena bersalah, tetapi merasa tidak berguna sebagai seorang pelindung. Kucing ditemukan tetanggaku, dia terjebak di sebuah sudut rumah mereka, anjingnya menggonggongi tuh daerah setiap hari, kami yang tidak mengerti bahasa anjing. Sampai sekarang walaupun kucing tersebut sudah ditemukan dan dikembalikan ke rumah temanku, aku tidak pernah lupa rasa takut dan tidak cocok jadi ibu.

Ini film juga diadaptasi dari sebuah cerita pendek, di mana seorang ayah menculik orang yang menabrak lari anaknya, orang tersebut dikunci di ruang bawah tanah di pekarangan rumahnya.

Semoga kalian juga menikmati film ini, bukan film polisi seperti biasa, dan saya emang lebih senang ama film yang membuatku untuk berpikir.

Selamat menikmati.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *